Eeits!! Jangan dibuang dulu. Ini dia 10 manfaat Silica Gel yang terselip dalam kemasan barang yang baru anda beli

Saat membeli sepatu, tas atau barang yang dikemas dalam kardus, kita sering menemukan bungkusan kecil berwarna putih mirip teh celup. Yup! Silica gel.

Silica gel memang sengaja diselipkan oleh pihak produsen di dalam kardusmu sebagai bahan perawat barang agar tetap terjaga sampai tangan konsumen. Tapi orang banyak yang tidak tahu dan membuangnya.
Silica Gel
Padahal, silica gel ini punya banyak manfaat. Berikut selengkapnya :

1.         Menghilangkan bau sepatu

Bau sepatu yang disebabkan oleh keringat di  kaki menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang selalu menggunakan sepatu dalam kegiatan sehari-hari. Sekarang gak perlu khawatir, anda hanya perlu memasukkan silica gel ke dalam sepatu anda dan silica gel pun akan menyerap udara lembab didalam sepatu yang menjadi penyebab tumbuhnya bakteri-bakteri penyebab bau.

2.         Merawat buku tua

Bagi yang hobinya membaca buku, biasanya punya buku yang banyak dan bahkan disimpan dalam waktu yang lama. Karena disimpan dalam waktu yang lama, mungkin kita akan mendapati buku kita sudah jamuran. Agar tetap awet, anda harus menjaganya dengan perawatan khusus. Taruh saja silica gel diantara tumpukan buku atau ditempat penyimpanan. Dengan begitu, buka anda bisa lebih awet.

3.         Mengawetkan album foto

Punya banyak album kenangan tapi rusak kerana ditumbuhi jamur ? Silica gel bisa jadi salah satu solusinya. Cukup dengan menyelipkan silica gel di dalam album anda. Silica  gel mampu menyerap lembab yang menyebabkan tumbuhnya jamur di foto anda.

4.         Merawat peralatan make up

Kini anda tak perlu cemas lagi kearena perawatan make up anda berjamur dan berbau tidak sedap. Letakkan silica gel di tempat tempat penyimpanan make up anda

5.         Membuat bunga tidak cepat layu

Bila anda gemar menyimpan bunga-bunga segar tapi cepat layu membuat anda murung. Cukup masukkan silica gel ke wadah besar, lalu masukkan bunga dan timbun secara merata agar silica gel bisa masuk ke sela-sela bunga. Pilih silica gel yg halus ya. Tutup rapat dan simpan di tempat yang sejuk selama 3-5 hari. Nah, dengan ini anda tidak perlu khatir lagi bunga anda cepat layu.

6.         Menghambat bibit tanaman berkecambah

Biasanya untuk menghambat bibit tanaman berkecambah, bibit terlebih dahulu di keringkan. Tapi, saat berada di udara yang lembab anda dapat meletakkan beberapa silica gel untuk menyerap udara lembab di sekitarnya.

7.         Mencegah tumbuhnya jamur pada handuk

Handuk mudah sekali untuk lembab karena sifatnya yang dapat menyerap air.  Tapi terkadang saat kita menyimpannya dan ketikaa kita ambil handuknya sudah berjamur. Selipkan beberapa bungkus silica gel kedalam handuk anda, dan dalam waktu lama warna silica gel akan memudar dan anda dapat menggantikannya dengan yang baru.

8.         Menjaga kualitas stok makanan hewan peliharaan

Mungkin karena sibuk, anda membeli makanan hewan peliharaan dalam jumlah banyak. Tapi, kalau terlalu lama di simpan, dikhawaatirkan kualitasnya akan berkurang. Tak usah khawatir, letakkan saja silica gel diantara stok makanan hewan peliharaan anda.

9.         Mencegah karatan

Ketika anda menyimpan alat-alat otomotif atau bahan lainnya yang terbuat dari  besi, karatan menjadi kendala. Sertakan beberapa bungkus silica gel kedalam kotak penyimpanan anda. Silica gel mampu menyerap air dan mengurangi kelembapan yang merupakan penyebab terjadinya karatan.

10.     Menjaga lensa kamera

Kondisi lembab pada tas lensa kamera seringkali membuat buram lensa kamera, bahkan bisa sampai berair. Untuk mengatasinya, letakkan beberapa bungkus silica gel di dalam tas kamera anda. Hal ini dapat membuat tas kamera anda menjadi lebih kering.

 Sekian, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Eeits!! Jangan dibuang dulu. Ini dia 10 manfaat Silica Gel yang terselip dalam kemasan barang yang baru anda beli"

Post a Comment